Tips / Umum / Buah / Sayur /

gejala dan mengobati sakit mata


SakitMata adalah segala penyakit atau gangguan pada mata yang membuat mata menjadi terasa sakit. Walaupun bukan tergolong kedalam jenis penyakit yang mematikan, namun tetap saja, sakit mata ini dapat menganggu aktivitas kita sehari-hari. Selain itu, sakit mata juga dapat menyebabkan menurunnya rasa percaya diri, karena saat kita mengalaminya, biasanya mata kita akan memerah, bengkak dan belekan. Beriku gejala penyakit mata.
1. Viral Conjunctivitis
merupakan gangguan mata yang disebabkan oleh virus dan termasuk jenis sakit mata yang menular. Namun tenang, sakit mata jenis ini tidak memerlukan perawatan khusus, karena dalam beberapa hari saja akan sembuh dengan sendirinya. Ciri dari viral conjunctivitis ini adanya cairan bening dan encer dari mata.



2. Sakit mata karena bakteri
sakit mata ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan termasuk kedalam jenis sakit mata yang lumayan serius, karena jika tidak diobati dengan baik, dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata. Perbedaan antara sakit mata yang disebabkan oleh virus dan bakteri yaitu terletak dari cairan yang dikeluarkan. Jika viral konjungitivitis ditandai dengan adanya cairan bening dan encer, maka konjungtivitis bakteri ini sebaliknya yaitu ditandai dengan adanya cairan kental berwarna kekuningan atau yang lebih kita kenal dengan belek (belekan). Persamaannya yaitu sama-sama termasuk kedalam jenis sakit mata yang menular.

3. Sakit mata karena Alergi
Gangguan mata ini disebabkan oleh alergi seperti debu, serbuk sari ataupun bulu hewan peliharaan. Sakit mata ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun tidak termasuk kedalam kategori sakit mata yang menular. Penyakit mata jenis ini biasanya ditandai dengan adanya rasa gatal pada mata.

4. Sakit mata karena iritasi
Sakit mata jenis ini disebabkan oleh iritasi seperti halnya kelilipan atau karena terkena percikan. Tanda dari gangguan mata ini diantaranya mata berair sedikit kental, biasanya akan sembuh dalam waktu satu hari, namun bisa juga lebih.

Cara mengobati sakit mata
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kita sudah mengetahui bahwa sakit mata itu mempunyai beberapa jenis, dan penyebab yang berbeda. ntuk itu, cara penanganannya pun berbeda, disesuaikan dengan jenis dan penyebabnya.

1. Viral Conjunctivitis
Untuk mengobati sakit mata ini kamu bisa gunakan obat tetes dan salep anti biontik. Jika obat yang digunakan tepat, maka sakit mata akan sembuh dalam beberapa hari saja.Untuk itu peting sekali, sebelum menggunakan obat tetes / salep tersebut, terlebih dahulu kamu harus berkonsultasi dulu dengan dokter agar kamu dapat saran dan petunjuk yang tepat. 

2. Sakit mata karena bakteri
Sebenarnya untuk jenis sakit mata ini, tidak memerlukan penanganan khusus. Gangguan mata yang disebabkan oleh virus hanya memerlukan waktu untuk penyembuhan yaitu selama dua hingga tiga minggu. Mungkin kamu akan memerlukan obat antivirus saat dokter menyatakan bahwa sakit mata yang kamu derita diakibatkan oleh virus herpes simplex.

3. Sakit mata karena Alergi
Namun jika sakit mati yang kamu alami itu disebabkan oleh alergi, kamu bisa gunakan obat tetes. Namun sebelumnya, kamu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Agar mendapat petunjuk perawatan yang tepat. Biasanya sokter akan memberikan obat untuk mencegah / mengurangi alergi.






0 komentar:

Posting Komentar

gejala dan mengobati sakit mata