Tips / Umum / Buah / Sayur /

tips mengatasi mata merah


Mata merah cenderung mengganggu saat berkomunikasi dengan orang lain. Bukan hanya berdampak saat berinteraksi dengan orang lain, mata merah juga terasa mengganggu bagi penderitanya karena biasanya disertai rasa sakit, perih, gatal, berair, atau bahkan bengkak sehingga membuat penglihatan menjadi samar.

Dari luar, mata merah bisa membuat bagian putih mata Anda terlihat merah sepenuhnya atau hanya berupa garis-garis merah. Hal ini terjadi karena pembuluh darah di mata membengkak atau mata sedang mengalami iritasi.
1. Sakit mata karena iritasi

Sakit mata jenis ini disebabkan oleh iritasi seperti halnya kelilipan atau karena terkena percikan. Tanda dari gangguan mata ini diantaranya mata berair sedikit kental, biasanya akan sembuh dalam waktu satu hari, namun bisa juga lebih.

2. Sakit mata karena Alergi

Gangguan mata ini disebabkan oleh alergi seperti debu, serbuk sari ataupun bulu hewan peliharaan. Sakit mata ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun tidak termasuk kedalam kategori sakit mata yang menular. Penyakit mata jenis ini biasanya ditandai dengan adanya rasa gatal pada mata.

3. Sakit mata karena bakteri

sakit mata ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan termasuk kedalam jenis sakit mata yang lumayan serius, karena jika tidak diobati dengan baik, dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata. Perbedaan antara sakit mata yang disebabkan oleh virus dan bakteri yaitu terletak dari cairan yang dikeluarkan. Jika viral konjungitivitis ditandai dengan adanya cairan bening dan encer, maka konjungtivitis bakteri ini sebaliknya yaitu ditandai dengan adanya cairan kental berwarna kekuningan atau yang lebih kita kenal dengan belek (belekan). Persamaannya yaitu sama-sama termasuk kedalam jenis sakit mata yang menular.

4. Viral Conjunctivitis

merupakan gangguan mata yang disebabkan oleh virus dan termasuk jenis sakit mata yang menular. Namun tenang, sakit mata jenis ini tidak memerlukan perawatan khusus, karena dalam beberapa hari saja akan sembuh dengan sendirinya. Ciri dari viral conjunctivitis ini adanya cairan bening dan encer dari mata.

Ø  Obat sakit mata berdasarkan penyebabnya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kita sudah mengetahui bahwa sakit mata itu mempunyai beberapa jenis, dan penyebab yang berbeda. ntuk itu, cara penanganannya pun berbeda, disesuaikan dengan jenis dan penyebabnya.

1. Sakit mata karena Alergi

Namun jika sakit mati yang kamu alami itu disebabkan oleh alergi, kamu bisa gunakan obat tetes. Namun sebelumnya, kamu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Agar mendapat petunjuk perawatan yang tepat. Biasanya sokter akan memberikan obat untuk mencegah / mengurangi alergi.

2. Sakit mata karena bakteri

Sebenarnya untuk jenis sakit mata ini, tidak memerlukan penanganan khusus. Gangguan mata yang disebabkan oleh virus hanya memerlukan waktu untuk penyembuhan yaitu selama dua hingga tiga minggu. Mungkin kamu akan memerlukan obat antivirus saat dokter menyatakan bahwa sakit mata yang kamu derita diakibatkan oleh virus herpes simplex.

 

3. Viral Conjunctivitis

Untuk mengobati sakit mata ini kamu bisa gunakan obat tetes dan salep anti biontik. Jika obat yang digunakan tepat, maka sakit mata akan sembuh dalam beberapa hari saja.Untuk itu peting sekali, sebelum menggunakan obat tetes / salep tersebut, terlebih dahulu kamu harus berkonsultasi dulu dengan dokter agar kamu dapat saran dan petunjuk yang tepat.

 

Ø   Obat sakit mata Alami

Berikut ini 4 obat sakit mata secara alami yang bisa anda gunkan di rumah anda , saya pribadi lebih suka menggunakan obat mata alami dari pada obat tetes mata alasanya karena obat tetes mata kadang bila sudah kada luarsa bisa merusak mata . Namun setiap orang berbeda pengalaman munkin bagi saya lebih ampuh obat sakit mata alami munkin bagi sobat obat tetes . Nah jika ingin mencoba obat mata alami silahakan baca di bawah ini :

1. . Obat sakit mata menggunakan getah daun patikan kebo

Obat Sakit Mata Merah Yang Paling Ampuh - Red Eye Medicine

Untuk tanaman yang satu ini, mungkin masih terdengar asing ditelinga, padahal tanaman ini banyak ditemui disekitar kita. Cara pemakaiannya adalah sebagai berikut :

Ambil 2-3 tangkai tanaman patikan kebo

ambil getahnya 2-3 tetes

Selanjutnya teteskan getah patikan kerbau pada mata yang sakit

lakukan cara ini 2 kali sehari sebanyak 2-3 tetes.

 

2. . Obat sakit mata menggunakan Daun Sirih

Obat Sakit Mata Merah Yang Paling Ampuh - Red Eye Medicine

Sediakan 1-3 lembar daun sirih dan cuci hingga benar-benar bersih

kemudian campurkan daun sirih tersebut dengan air secukupnya dan tunggu hingga mendidih

setelah airnya mendidih, angkat dan tunggu hingga air rebusan daun sirih tersebut dingin

selanjutnya anda saring air rebusan daun sirih tersebut dengan saringan teh

gunakan air rebusan tersebut untuk membersihkan area mata yang sakit

atau bisa juga dijadikan sebagai obat tetes langsung

3. . Obat sakit mata menggunakan Air Hangat

 

Pertama, bersihkan mata anda hingga benar-benar bersih dari kotoran, debu ataupun belek

Obat Sakit Mata Merah Yang Paling Ampuh - Red Eye Medicine

kemudian kompres mata anda dengan air hangat, ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit pada mata

hindari nonton televisi saat anda mengalami sakit mata

bila perlu gunakan obat tetes.

 

4.. Obat sakit mata menggunakan bawang putih

Obat Sakit Mata Merah Yang Paling Ampuh - Red Eye Medicine

Pertama cucilah mata anda dengan air bersih

Lalu keringkan dengan handuk bertekstur lembut, kering dan bersih

Siapkan 1 siung bawang putih, kemudian kupas dan potong bagian ujungnya

Oleskan permukaan bawang putih yang dipotong tadi pada kelopak mata bagian bawah (cara menggunakannya persis seperti saat anda menggunakan eyeliner)

Diamkan beberapa saat hingga mata anda terasa perih dan menguarkan air.

Jangan langsung dicuci, bila perlu anda oleskan lagi bawang putih tersebut

Agar tidak menganggu aktivitas, sebaiknya lakukan cara ini sebelum anda tidur.

 

 




0 komentar:

Posting Komentar

tips mengatasi mata merah