Tips / Umum / Buah / Sayur /

Tips mengatasi stroke




Stroke adalah hilangnya fungsi-fungsi otak dengan cepat, karena gangguan suplai darah ke otak. Hal ini dapat terjadi karena iskemia (berkurangnya aliran darah) dikarenakan oleh penyumbatan (thrombosis, arterial embolism), atau adanya haemorrhage (pendarahan).

1.      Kenali tanda-tanda dan gejala stroke sedini mungkin, sehingga dapat dilakukan tindakan pertolongan cepat dan menyelamatkan nyawa penderita.

.

2.       Minta pertolongan kerumah sakit terdekat yaang terjangkau untuk penanganan umum pada serangan stroke akut. Penanganan stroke harus sesegera mungkin dalam waktu 6-8 jam untuk mencegah koplikasi lebih lanjut.

3.      Berikan informasi sejelas-jelasnya kepada dokter yang merawat tentang riwayat penyakit sebelumnya untuk penanganan penyakit penyerta ( bila ada) secepatnya.misalnya hipertasi, diabetes mellitus, penyakit jantung korner,dll. Riwayat penyakit keluarga juga penting diberitahukan sebagai informasi tambahan.

4.      Kerja sama yang baik antara penderita, keluarga penderita/kerabat dekat, perawat serta dokter pendukung untuk pemulihan penderita, dan juga dapat menghindari komplikasi atau kondisi yang lazimterjadi pasca serangan stroke.

5.      Ikut anjuran pemberian makanan kepada penderita dimulai pada fase akut dan pemulihan, sampai perawatan dirumah.
6.      Jalani tahap rehabilitasi yang meliputi fisioterapi, terapi bicara, melatih daya ingat dan terapi okupasional untuk dapat menolong diri sendiri.

7.      Dukungan dari keluarga terdekat/kerabat sangat membantu proses penyembuhan dan rehabilitasi penderita pascastroke.

8.      Pencegahan primer mendapatkan stroke pertama kalisangat penting diperhatikan termasuk memperhatikan faktor-faktor resiko yaitu: mengatur asupan makan, olahraga teratur, stop merokok,hindari minuman beralkohol kontrol asupan lemak, hindari berat badan, pengendalian tekanan darah dan Diabetes Mellitus.

9.      Untuk menghindari terjadinya serangan stroke berikitnya (pencegahan sekunder) pola hidup sehat perlu diperhatikan, termasuk termasuk pengendalian lemak darah (hiperlipitemia) pengendalian tekanan darah, pemberian onat-obatan antikoagulan dan anitiplatelet. Bahkan bila diperlukan, tindakan bedah kadang dilakukan (carodit edarterectomy, agioplasti, dan stenting.

1.  Bagi penderita stroke ataupun yang pernah mengalammi stroke, anjuran makanan dan pola hidup sebagai berikut agar tidak berkelanjutan.




0 komentar:

Posting Komentar

Tips mengatasi stroke